Friday, October 30, 2009

Microsoft Dynaimcs Ax (AXAPTA)

Microsoft Dynamics Ax adalah sebuah program applikasi database management system (DBMS) yang dikembangkan oleh microsoft sebagai layanan total solution bagi pelanggannya.

Salah satu tempat saya bekerja, adalah sebuah perusahaan PMDN (absolut PMA) yang bergerak dalam bidang industri dan pemasaran keramik. Pada perkembangannya, karena keberhasilannya meraih pangsa pasar yang tepat, membuat perusahaan tersebut begitu cepat berkembang; bahkan beberapa bidang usaha pendukung (supporting devision) juga dikelola sendiri. Diantara bidang-bidang usaha tersebut adalah mining (pertambangan), inn (penginapan), coal-gas (sumber energi), poleshing (penghalusan permukaan), hingga expedisi dan import.

Saya bekerja di bagian IT, yang bertanggung jawap terhadap semua transaksi data dan layanan informasi, mencakup sumatera, jawa, sulawesi, bali, malaysia, dan taiwan. Keruwetan pengelolaan system konvensional ini membuat kami terdorong untuk mencari sebuah solusi pengelolaannya dan perawatan yang lebih baik.

Fikir punya fikir, mulailah kami mengundang vendor-vendor lokal, vendor nasional, bahkan konsultasi secara international. Akhirnya, tibalah pada sebuah pilihan Microsoft Dynamics Ax, yang disebut sebagai AXAPTA.

Dengan Axapta, kami berharap dapat dengan mudah mengetahui dan mengelola semua sumberdaya dan potensinya (ERP= enterprice resources planning). Consultant mulai dipilih, diundang untuk berdiskusi, hingga perumusan integrasi system.